Nutrient Decision Support System (NuDSS)





Sekilas Pandang tentang NuDSS

NuDSS for irrigated rice merupakan salah satu software DSS yang ditujukan untuk membantu dalam pengambilan keputusan dalam memperkirakan kebutuhan nutrisi yang pasti untuk irigasi persawahan, dapat pula mengambil keputusan untuk memilih pupuk yang berkualitas yang cocok dengan keadaan tanah dan juga kebutuhan nutrisinya, dapat pula memperkirakan keuntungan yang didapatkan dari perkembangan nutrisi dan program untuk manajemen benih yang baik.

Modul-modul yang terintegrasi di dalam NuDSS antara lain; Fertilizer calculator, Fertilizer chooser, Fertilizer splitter, Profit analyzer.

Apa itu NuDSS?

Nutrient Decision System (NuDSS) for irrigated rice merupakan bagian dari Irrigated Rice Research Consortium untuk memberikan suatu penunjang keputusan manajemen nutrisi yang spesifik pada persawahan. NuDSS merupakan software untuk memperkirakan kebutuhan nutrisi untuk target pendapatan yang realistis untuk persawahan, dengan memilih kombinasi pupuk yang berkualitas dan tentu saja dengan harga seminimal mungkin.

Isi dari software ini mengacu pada publikasi sebelumnya pada SSNM (site-spesific nutrient management), termasuk buku pedoman dan petunjuk pemakaian. NuDSS melakukan proses dengan menggabungkan beberapa model menjadi satu paket software yang user-friendly untuk membantu dalam perkembangan strategi pemupukan dengan tujuan agar penggunaan pupuk menjadi lebih efektif. Hasil panen yang tinggi dan bagus, dan menambah keuntungan petani. Software dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan akan suatu system pengambil keputusan untuk membantu dalam kalkulasi matematika yang kompleks yang sulit untuk dilakukan secara manual.

NuDSS membantu user untuk :

· Memperkirakan potensi panen padi berdasarkan data climatic

· Menetapkan target panen berdasarkan potensi panen dan panen saat ini yang didapatkan oleh petani

· Memperkirakan kebutuhan pupuk berdasarkan target panen realistic dan suplai nutrisi tanah

· Mengartikan rekomendasi nutrisi kepada komposisi material pupuk yang tepat

· Memilih kombinasi sumber nutrisi pupuk dengan harga seminimal mungkin berdasarkan harga yang ditetapkan untuk produk pupuk

· Memutuskan aplikasi pemisahan pupuk

· Menghitung keuntungan menurut hasil dari harga benih *ladang padi dikurangi semua harga input (gross margin analysis), dan

· Membandingkan dan mengevaluasi harga (harga untuk pupuk, pestisida, pekerja, dll).

0 komentar: