NuDSS Software Utilities (1)



Settings

Halaman Settings menunjukkan informasi umum mengenai profile Negara dan system bercocok tanam, system ukuran, dan bahan nutrisi yang digunakan pada kalkulasi pupuk yang dibutuhkan. Disini kita dapat pula menentukan jenis pupuk atau kombinasi pupuk yang cocok untuk area dimana kita menanam, NuDSS melakukan ini dengan rumus matematika tertentu sehingga hasilnya lebih akurat daripada cara tradisional dimana petani hanya mengira-ngira tidak dengan kalkulasi yang pasti.

Fertilizer Calculator

Data-data yang dibutuhkan untuk menghitung komposisi pupuk N, P dan K (kg N, P2O5, dan K2O per ha) :

  • Organic sources

Memperkirakan sumber nutrisi organic yang ditambahkan atau diambil ke/dari tanah di awal musim.

  • Soil nutrient supply

Memperkirakan pasokan nutrisi tanah. Kesuburan tanaman ditentukan oleh kondisi cuaca dan kondisi tumbuh, hal ini digunakan sebagai indicator penentu pasokan pupuk.

  • Yield potential

Ini adalah teoritis panen yang ditentukan oleh iklim dan varietas. Potensi panen digunakan sebagai acuan untuk menetapkan goal panen dan untuk menganalisa jarak panen antar musim.

  • Yield goal

Menentukan goal panen yang realistis berdasarkan panen rata-rata, dan kemungkinan penambahan dan pengurangan hasil panen yang mungkin terjadi. Goal panen haruslah tidak lebih besar dari 75-80% dari perkiraan potensi panen untuk menghindari excessive input pupuk dan bertambahnya resiko gagal tanam dan kehilangan profit.


0 komentar: