NuDSS Software System




Berdasarkan framework dari gambar 1 diatas, terdapat lima output utama (ditandai dengan background abu-abu pada gambar) dan output-output tambahan sebagai berikut :

Estimate recommendation domains and indigenous nutrient supplies. Daerah yang lebih besar dipecah menjadi domain rekomendasi agro-ecological yang lebih kecil lagi. Ukuran domain menentukan jumlah petak nutrient yang akan digunakan untuk mendapatkan rata-rata panen yang valid untuk setiap domain.

Select a yield target. Target panen per musim ditentukan sekitar 10% lebih besar dari yang didapatkan petani saat ini tapi tidak lebih besar dari 75-80% dari potensi panen.

Calculate fertilizer nutrient requirements. Total kebutuhan pupuk dihitung berdasarkan kebutuhan nutrisi pupuk yang diharapkan sekitar 40-50 kg N, 20 kg P2O5, dan 30 kg K2O per ton yang dibutuhkan untuk peningkatan panen. Kebutuhan untuk setiap P dan K disesuaikan dengan menggunakan keseimbangan input-output untuk mencegah penipisan nutrisi tanah.

Select meaningful fertilizer material. Rata-rata pupuk dari elemen nutrisi (kg ha-1) di paparkan dalam sumber nutrisi per local area unit untuk memfasilitasi hasil tani dengan skala yang lebih besar.

Obtain profit estimate. Teknik bertani dibandingkan dengan strategi baru untuk manajemen nutrisi alternative untuk mendapatkan peningkatan keuntungan sebagaimana diharapkan (analisis ex-ante). Strategi pemupukan disesuaikan dengan analisis ekonomi untuk outcome.
Simple guidelines and strategies for promotion. Dimana pupuk yang digunakan petani baik, maka akan lebih efektif dan ekonomis untuk berkembang, rekomendasi pupuk melalui partisipasi petani lalu mempromosikan suatu cara baru teknik bertani dengan area yang besar. NuDSS software mengarah pada proses ini.

0 komentar: